Mekanisme Pasar
Irsyad Harisandy ~ 1710411171
Pendahuluan
Pasar adalah
tempat pembeli dan penjual bertemu untuk membeli atau menjual suberdaya, barang
dan jasa. Mekanisme pasar adalah suatu sistem yang cukup efisien di dalam
mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mengembangkan perekonomian tetapi di
dalam keadaan tertentu ia menimbulkan beberapa akibat buruk sehingga diperlukan
campur tangan pemerintah untuk memperbaikinya. Mekanisme
pasar terbagi menjadi dua yaitu permintaan dan penawaran. Permintaan adalah
banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat
harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar
tertentu dengan tingkat harga tertentu dan dalam periode tertentu.
Perumusan Masalah
Indonesia
sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam. Bermacam-macam sumber daya di
Indonesia mulai dari laut, daratan dan udara. Tapi walaupun kaya akan sumber
daya alam pemanfaatan akan sumber daya alam tersebut masih kurang. Banyak
masyarakat di Indonesia yang mengaggur. Mulai dari pengangguran terbuka,
setengah pengangguran, dan pengagguran terelubung.
Pertanyaan penelitian
Bila melihat
keadaan masyarakat yang menjadi beban negara, maka hal ini kemudian menyebabkan
munculnya pertanyaan penelitian, yaitu bagaimana cara mengatasi pengagguran di
Indonesia?
Kerangka Teori
Menurut Gilarso
(2007), dalam ilmu ekonomi istilah permintaan (demand) mempunyai arti tertentu,
yaitu selalu menunjuk pada suatu hubungan tertentu antara jumlah suatu barang
yang akan dibeli orang dan harga barang tersebut. Permintaan adalah jumlah dari
suatu barang yang mau dan mampu dibeli pada berbagai kemungkinan harga, selama
jangka waktu tertentu, dengan anggapan hal-hal lain tetap sama (=ceteris
paribus).
Menurut Hanafie (2010)Dalam ilmu ekonomi istilah penawaran (supply) mempunyai arti jumlah dari
suatu barang tertentu yang mau dijual pada berbagai kemungkinan harga, dalam
jangka waktu tertentu, ceteris paribus. Penawaran menunjukkan jumlah (maksimum)
yang mau dijual pada berbagai tingkat harga atau berapa harga (minimum) yang
masih mendorong penjual untuk menawarkan berbagai jumlah dari suatu barang.
Hubungan antara harga per satuan dan jumlah yang mau dijual dirumuskan dalam
hukum penawaran: ceteris paribus, produsen atau penjual cenderung menghasilkan
dan menawarkan lebih banyak pada harga yang tinggi daripada pada harga yang
rendah.
Pembahasan
Pasar merupakan
tempat bertemunya antara permintaan dan penawaran. Pasar mempunyai lima fungsi
utama, yaitu menetapkan nilai, mengorganisasi produksi, mendistribusi produk,
meyelenggarakan penjatahan, menyediakan barang dan jasa. Mekanisme pasar
sendiri mempunyai arti, yaitu suatu sistem yang cukup efisien di dalam
mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mengembangkan perekonomian tetapi di
dalam keadaan tertentu ia menimbulkan beberapa akibat buruk sehingga diperlukan
campur tangan pemerintah untuk memperbaikinya. Mekanisme
pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga berdasarkan
kekuatan permintaan dan penawaran.
Mekanisme pasar
mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihan mekanisme pasar yaitu:
1.
Pasar
dapat memberti informasi yang lebih tepat.
2.
Pasar
memberi perangsang untuk mengembangkan kegiatan usaha. Keadaan pasar terus
menerus mengalami perubahan.
3.
Pasar
memberi perangsang untuk memperoleh keahlian modern
4.
Pasar
menggalakkan penggunaan barang dan faktor produksi secara efisien.
5.
Pasar
akan memberikan kebebasan yang tinggi kepada masyarakat untuk melakukan
kegiatan ekonomi.
Kelemahan mekanisme pasar yaitu:
Kelemahan mekanisme pasar yaitu:
1.
Kebebasan
yang tidak terbatas menindas golongan-golongan tertentu.
2.
Kegiatan
Ekonomi sangat tidak stabil keadaannya.
3.
Sistem
pasar dapat menimbukan monopoli.
4.
Mekanisme
pasar tidak dapat menyediakan beberapa jenis barang secara efisien.
Tujuan campur tangan pemerintah
Karena untuk mengatasi kelemahan yang ada pada mekanisme pasar,
pemerintah petlu ikut campur tangan yang bertujuan untuk:
1.
Menjamin
agar kesamaan hak untuk setiap individu tanpa penindasan.
2.
Menjaga
perekonomian agar tetap stabil dan tumbuh.
3.
Mengawasi
kegiatan perusahaan besar agar tidak melakukan monopoli.
4.
Menyediakan
barang-barang yang tidak tersedia.
UMKM mempunyai
arti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang
merupakan salah satu contoh mekanisme pasar. Di dalam UMKM terdapat kegiatan
permintaan serta penawaran antara produsen dengan konsumen. Usaha mikro, kecil
dan menengah memiliki peranan yang sangat penting didalam pembangunan dan
pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di negara-negara berkembang seperti Indonesia
tetapi juga di negara-negara maju. Di Indonesia peranan UMKM selain berperan
dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi, UMKM juga memiliki peranan yang
sangat penting dalam mengatasi masalah pengangguran. Tumbuhnya usaha mikro
menjadikannya sebagai sumber pertumbuhan kesempatan kerja dan pendapatan.
Dengan banyak menyerap tenaga kerja berarti UMKM juga punya peran strategis
dalam upaya pemerintah dalam memerangi kemiskinan dan pengangguran.
Cara
meningkatkan kualitas UMKM adalah dengan mendukung dan mengadakan acara-acara.
Seperti Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2017. Acara yang dilaksanakan dari
18-20 Agustus 2017 di Jakarta Convention Center ini merupakan pameran
kerajinan UMKM Binaan Bank Indonesia dari berbagai pelosok Indonesia.
Kesimpulan
Dengan
memanfaatkan UMKM ini dapat membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan
seperti pengagguran dan pemerintah harus selalu mendukung UMKM karena UMKM
cukup berpengaruh dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di indonesia.
Daftar Pustaka
1.
Pengantar
ilmu ekonomi FISIP jurusan HI – Widayani Wahyuningtyas, SE.,MM
2.
Teori
Mikroekonomi edisi kedua – Richard A. Bilas
Komentar
Posting Komentar