Mekanisme Pasar

Irsyad Harisandy ~ 1710411171

Pendahuluan
Pasar adalah tempat pembeli dan penjual bertemu untuk membeli atau menjual suberdaya, barang dan jasa. Mekanisme pasar adalah suatu sistem yang cukup efisien di dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mengembangkan perekonomian tetapi di dalam keadaan tertentu ia menimbulkan beberapa akibat buruk sehingga diperlukan campur tangan pemerintah untuk memperbaikinya. Mekanisme pasar terbagi menjadi dua yaitu permintaan dan penawaran. Permintaan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu. Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu dan dalam periode tertentu.

Perumusan Masalah
Indonesia sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam. Bermacam-macam sumber daya di Indonesia mulai dari laut, daratan dan udara. Tapi walaupun kaya akan sumber daya alam pemanfaatan akan sumber daya alam tersebut masih kurang. Banyak masyarakat di Indonesia yang mengaggur. Mulai dari pengangguran terbuka, setengah pengangguran, dan pengagguran terelubung.

Pertanyaan penelitian
Bila melihat keadaan masyarakat yang menjadi beban negara, maka hal ini kemudian menyebabkan munculnya pertanyaan penelitian, yaitu bagaimana cara mengatasi pengagguran di Indonesia?

Kerangka Teori
Menurut Gilarso (2007), dalam ilmu ekonomi istilah permintaan (demand) mempunyai arti tertentu, yaitu selalu menunjuk pada suatu hubungan tertentu antara jumlah suatu barang yang akan dibeli orang dan harga barang tersebut. Permintaan adalah jumlah dari suatu barang yang mau dan mampu dibeli pada berbagai kemungkinan harga, selama jangka waktu tertentu, dengan anggapan hal-hal lain tetap sama (=ceteris paribus).
Menurut Hanafie (2010)Dalam ilmu ekonomi istilah penawaran (supply) mempunyai arti jumlah dari suatu barang tertentu yang mau dijual pada berbagai kemungkinan harga, dalam jangka waktu tertentu, ceteris paribus. Penawaran menunjukkan jumlah (maksimum) yang mau dijual pada berbagai tingkat harga atau berapa harga (minimum) yang masih mendorong penjual untuk menawarkan berbagai jumlah dari suatu barang. Hubungan antara harga per satuan dan jumlah yang mau dijual dirumuskan dalam hukum penawaran: ceteris paribus, produsen atau penjual cenderung menghasilkan dan menawarkan lebih banyak pada harga yang tinggi daripada pada harga yang rendah.

Pembahasan
Pasar merupakan tempat bertemunya antara permintaan dan penawaran. Pasar mempunyai lima fungsi utama, yaitu menetapkan nilai, mengorganisasi produksi, mendistribusi produk, meyelenggarakan penjatahan, menyediakan barang dan jasa. Mekanisme pasar sendiri mempunyai arti, yaitu suatu sistem yang cukup efisien di dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mengembangkan perekonomian tetapi di dalam keadaan tertentu ia menimbulkan beberapa akibat buruk sehingga diperlukan campur tangan pemerintah untuk memperbaikinya. Mekanisme pasar bisa disebut juga sebagai proses penentuan tingkat harga berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran.
Mekanisme pasar mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihan mekanisme pasar yaitu: 
1.      Pasar dapat memberti informasi yang lebih tepat.
2.      Pasar memberi perangsang untuk mengembangkan kegiatan usaha. Keadaan pasar terus menerus mengalami perubahan.
3.      Pasar memberi perangsang untuk memperoleh keahlian modern
4.      Pasar menggalakkan penggunaan barang dan faktor produksi secara efisien.
5.      Pasar akan memberikan kebebasan yang tinggi kepada masyarakat untuk melakukan kegiatan ekonomi.
             Kelemahan mekanisme pasar yaitu:
1.      Kebebasan yang tidak terbatas menindas golongan-golongan tertentu.
2.      Kegiatan Ekonomi sangat tidak stabil keadaannya.
3.      Sistem pasar dapat menimbukan monopoli.
4.      Mekanisme pasar tidak dapat menyediakan beberapa jenis barang secara efisien.

Tujuan campur tangan pemerintah
Karena untuk mengatasi kelemahan yang ada pada mekanisme pasar, pemerintah petlu ikut campur tangan yang bertujuan untuk:
1.      Menjamin agar kesamaan hak untuk setiap individu tanpa penindasan.
2.      Menjaga perekonomian agar tetap stabil dan tumbuh.
3.      Mengawasi kegiatan perusahaan besar agar tidak melakukan monopoli.
4.      Menyediakan barang-barang yang tidak tersedia.

UMKM mempunyai arti Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang merupakan salah satu contoh mekanisme pasar. Di dalam UMKM terdapat kegiatan permintaan serta penawaran antara produsen dengan konsumen. Usaha mikro, kecil dan menengah memiliki peranan yang sangat penting didalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di negara-negara berkembang seperti Indonesia tetapi juga di negara-negara maju. Di Indonesia peranan UMKM selain berperan dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi, UMKM juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatasi masalah pengangguran. Tumbuhnya usaha mikro menjadikannya sebagai sumber pertumbuhan kesempatan kerja dan pendapatan. Dengan banyak menyerap tenaga kerja berarti UMKM juga punya peran strategis dalam upaya pemerintah dalam memerangi kemiskinan dan pengangguran.
Cara meningkatkan kualitas UMKM adalah dengan mendukung dan mengadakan acara-acara. Seperti Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2017. Acara yang dilaksanakan dari 18-20 Agustus  2017 di Jakarta Convention Center ini merupakan pameran kerajinan UMKM Binaan Bank Indonesia dari berbagai pelosok Indonesia. 

Kesimpulan
Dengan memanfaatkan UMKM ini dapat membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan seperti pengagguran dan pemerintah harus selalu mendukung UMKM karena UMKM cukup berpengaruh dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di indonesia.

Daftar Pustaka
1.      Pengantar ilmu ekonomi FISIP jurusan HI – Widayani Wahyuningtyas, SE.,MM
2.      Teori Mikroekonomi edisi kedua – Richard A. Bilas


Komentar